BEKERJA UNTUK APA?

“Aku ingat beberapa kali kesempatan menggarap sawah bersama guruku (Syaikh Ibrahim Niasse). Suatu hari aku bertanya kepada ayahku (Syaikh Ali Cisse); apakah semua jerih payah kami menggarap sawah ini akan mendapat bayaran yang sesuai?

Jawab ayah; ‘Siapa bilang kita pergi ke sawah untuk mendapatkan uang? Tidak. Kita ke sawah untuk mengabdi kepada Allah. Bekerja adalah ibadah.’ Ayah juga sering mengatakan; ‘Jika kau tinggal di suatu tempat tapi kau tak melakukan apapun (bekerja), maka kau sedang menyia-nyiakan tempat itu. Aku tak tahu ada seseorang yang tinggal di satu rumah tanpa bekerja, kemudian semua kebutuhannya tercukupi dengan sendirinya. Kalau kau tahu ada rumah semacam itu, kabarkan padaku. Biar aku menjadi orang pertama yang menutup rumahku sendiri untuk pindah ke sana.’

Diterjemahkan oleh Santrijagad dari catatan Dr. Zachary Wright mengenai Syaikh Hasan bin Ali Cisse yang mengisahkan perihal kehidupan ayahnya, Syaikh Ali bin Hasan Cisse. Mereka adalah para pemuka thariqah Tijaniyyah di Senegal.

View on Path

Advertisements

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s