TEST KEIKHLASAN ULAMA

Berikut contoh test keikhlasan ulama zaman dahulu sebelum menyiarkan kitab yang sudah ditulisnya. Jauh dengan masa sekarang yang berhitung untung rugi ketika akan mencetak buku/tulisan.

Semoga kita bisa meneladani keikhlasan ulama salafusshalih.

—-

Ibnu imad dalam menulis biografi Syekh Ibnu Raslan (pengarang matan Zubad fiqh Syafi’i) :
Ibnu Raslan berkata : Tatkala saya telah selesai mengarang kitab Zubad, kitab tersebut saya beri pemberat berupa batu lalu saya tenggalamkan ke laut, lalu saya berdoa kepada Allah:

“Jika kitab yang saya karang ini ikhlas karena Allah, maka munculkanlah kitab itu kembali, kalau tidak tenggelamkanlah “.

Lalu setelah beberapa saat kitab zubad tersebut muncul dipermukaan dan tidak ada lecet satu huruf pun.

Sungguh suatu amal itu tidak akan tetap ada kecuali yang dilakukan ikhlas karena Allah.

– Syekh Musthafa Zaglul

(Suara Al-Azhar)

View on Path

Comments

