MEMOHON DOA KEPADA SIAPAPUN

Kyai yang terkenal tawadhu itu berkata, “Jika berharap didoakan, mohonlah didoakan oleh siapapun, bahkan dari pendosa sekalipun.”

Kita lantas bertanya lah kenapa mesti dari pendosa? Logika dari mana ini? Apa tak salah pilih atau kita kurang gaul dengan orang sholeh?

Keheranan terus berkecamuk dalam hati hingga kyai sufi meneruskan kalimatnya.

“Kawan, jika kita mohon ampunanNya saja pasti dikabulkanNya, lantas apalagi memohon selain ampunan itu? Bukankah maaf/ampunan dari kita yang bebal adalah sebesar-besar kasih sayang dan sekaligus sebesar-besar harapan si pendosa? Dan Tuhan adalah Maha Pengampun dan terus memanggil para pendosa kembali kepadaNya. Bahkan stok ampunan takkan pernah habis sampai ruh si pendosa ada di kerongkongannya, sampai jika seluruh dosa dikumpulkan dari manusia pertama sampai manusia terakhir, pun tiada bisa berkurang. Kurang baik apa Tuhan itu?” ujar pak Yai.

Kita lantas mendebat bukankah doa terkabul karena amal ibadah kita? Lantas apa amal ibadah pendosa? Ajengan lantas mengurai senyum dan secara halus bertutur, “terkabul atau tidaknya doa seorang hamba adalah hak prerogratif Allah. Jangan karena merasa amal banyak sampai merasa membludak tumpah ruah lantas kita merasa paling dekat dengan Allah. Sebaliknya jangan karena merasa jauh dariNya kita berhenti berharap rahmat dan ampunanNya. Pintu rahmat Allah sejatinya selalu terbuka (tidak terkunci) apalagi bagi hamba yang tak terus-menerus mengetuknya. Lagipula boleh jadi di hadapan-Nya lebih baik pendosa yang mengakui kesalahannya daripada seorang yang banyak amal tapi bangga atas amalnya. ”

Teruslah berdoa, mendoakan sesama, dan meminta doa kepada orang lain siapapun ia, karena kita tidak tahu dari mulut mana suatu doa melesat cepat menuju telaga ijabahNya. – at Pondok Pesantren Nurul Hidayah Pusat

View on Path

Advertisements

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s