I AM A SCIENTIST, AND I AM BACK TO THE START

Lirik lagu Coldplay ini merefleksikan hati: katanya penyandang Strata Tiga dari Eropa, yang atas titahNya dan orangtua kembali mengarungi samudera ilmu: abdi dalem, pelayan pondok…

Terima kasih Gus Nadir Hosen atas translasi syairnya.

==

The Scientist

Come up to meet you, tell you I’m sorry
Datang untuk temuiMu, ungkapkan sesalku
You don’t know how lovely you are
Kau tak tahu betapa indahnya diriMu (bagiku)

I had to find you
(setelah ku berlari menjauh) Harus kutemukan (kembali diriMu)
Tell you I need you
(untuk) Katakan padaMu aku membutuhkanMu
Tell you I set you apart
Katakan padaMu aku memilihMu

Tell me your secrets
Katakanlah rahasiaMu
And ask me your questions
Dan ajukanlah pertanyaanMu
Oh, let’s go back to the start
Oh (Tuhan) ayo mulai dari awal lagi

Running in circles
(hidupku hanya berputar) Berlari dalam lingkaran
Coming up tails
Mengejar ekor (sesuatu yang sebenarnya hanya nista)
Heads on a science apart
(menyangka hebat padahal) Kepala terpisah dalam ilmu pengetahuan (yang hakiki)

Nobody said it was easy
(Tuhanku, sungguh) Tak ada yang bilang ini (keputusan yang) mudah (bagiku)
It’s such a shame for us to part
Sungguh memalukan jika kita berpisah (sungguh aku tak ingin berpisah tapi aku juga tahu betapa tak mudahnya hidupku bila akhirnya ku ikuti apa mauMu oh Tuhanku)
Nobody said it was easy
Tak ada yang bilang ini mudah
No one ever said it would be this hard
Tak ada yang bilang bahwa (menjalankan amanahMu) akan sesulit ini

Oh, take me back to the start
Oh, bawa aku kembali ke fitrah (ketika awal mula Kau ciptakan dan ambil janjiku pada saat “alastu birabbikum”)

I was just guessing
Aku hanya (sanggup) menerka-nerka
At numbers and figures
Pada jumlah dan angka (apa yang akan terjadi berikutnya?)
Pulling the puzzles apart
Memecah belah teka-teki (amanahMu ini)

Questions of Science
Pertanyaan ilmu pengetahuan
Science and progress
Ilmu pengetahuan dan kemajuan
Do not speak as loud as my heart
(kini) Tak (lagi) sekeras suara kalbuku

Tell me you love me
(Tuhanku) Katakanlah bahwa Kau mencintaiku
Come back and haunt me
Kembalilah dan terus buru aku
Oh, and I rush to the start
Oh, dan aku (akan) bergegas kembali ke fitrah awalku lagi

Running in circles
(aku terus) Berlari dalam lingkaranMu
Chasing our tails
Mengejar ekor kita
Coming back as we are
Kembali sebagai diri kita

I’m going back to the start
Aku kembali ke fitrah… – at Pondok Pesantren Nurul Hidayah Pusat

View on Path

Comments

